Wajib tahu sebelum membeli, apa saja perbedaan lantai parket dan vinyl?

antai kayu juga tersedia dalam beberapa jenis, di antaranya adalah vinyl dan parket. Meski sekilas tampak serupa, ya, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan!

Keunggulan dan kekurangannya pun harus kamu perhatikan agar sesuai dengan keinginan. Penasaran apa bedanya? Agar nggak keliru dan salah beli, yuk, simak penjelasan soal lantai kayu parket dan vinyl di bawah ini!

Perbedaan Lantai Kayu Parket dan Vinyl

Sering kali orang keliru dengan tampilan lantai parket dan vinyl yang sekilas serupa. Sebenarnya, keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Perbedaan inilah yang harus kamu perhatikan agar nggak salah pilih untuk dekorasi rumahmu. Yuk, simak perbedaan lantai parket dan vinyl berikut.

1. Material dasar

Meski keduanya tampak sama, parket dan vinyl ternyata menggunakan material utama yang berbeda, lho! Parket sendiri merupakan pelapis lantai yang berasal dari bahan kayu asli.

Sedangkan vinyl adalah produk pelapis lantai yang terbuat dari bahan sintesis, yaitu Polyvinyl Chloride atau yang biasa disebut PVC.

2. Daya tahan

Agar penggunaannya tetap awet, tuh, kamu perlu tahu juga daya tahan dari masing-masing jenis. Lantai vinyl cenderung lebih kuat daripada parket, mau dipasang di dalam ruang atau luar rumah pun nggak masalah!

Di sisi lain pemakaian terbaik untuk lantai parket adalah di dalam ruangan karena lantai parket cenderung mudah menyusut jika kondisi cuaca ekstrem

2. Motif

Kalau kamu perhatikan lagi, ya, lantai vinyl dan parket memiliki motif yang berbeda, lho!

Dibanding vinyl, nih, lantai parket memiliki motif dan corak yang menyerupai kayu sebab terbuat dari kayu asli. Jadi, motif lantai parket akan menyesuaikan dengan jenis kayu yang menjadi material dasarnya.

Nah, kalau kamu ingin motif yang lebih beragam, pilih saja lantai vinyl! Tak hanya seperti kayu karena lantai vinyl juga memiliki ragam motif lainnya seperti batu alam, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *